SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Kami segenap pengurus Masjid dan Panitia pembangunan masjid Al-Wafa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Bapak/Ibu donatur membantu terlaksananya pembangunan masjid Al-Wafa
WAKTU :

Santri AlWafa Beraksi

Terbit 24 March 2019 | Oleh : admin | Kategori : Berita AlWafa
Santri AlWafa Beraksi

Santri TPA Al Wafa mulai menunjukkan kelasnya dengan mengikuti lomba se-jabodetabek di MRBJ (Masjid Raya Bintaro Jaya), Tangerang Selatan Banten, hari ini Ahad, 24 Maret 2019.

Keikutsertaan santri TPA AlWafa ini adalah sebuah terobosan yang positif karena mengenalkan kepada anak-anak didik dunia luar yang lebih luas, mengenal berbagai macam TPA dari berbagai wilayah dan tempat yang berbeda dengan mereka. Ini pasti akan memperkaya pandangan dan wawasan mereka di masa depan.

Dalam keilmuan Neuro Linguistic Program (NLP) ada satu kompetensi yang sangat disarankan untuk kita kembangkan seumur hidup kita adalah People Mastery yaitu kemampuan dan keahlian mengenal orang.

Nabi pun pernah mengatakan bahwa dalam berdakwah gunakan bahasa kaum yang kita dakwahi agar apa yang kita sampaikan mengena dan membekas di hati mereka dan pada akhirnya mereka menerima apa yang kita dakwahkan.

Kembali kepada keilmuan People Mastery, mungkin di sekolah atau di TPA pun sudah ada pelajarannya baik yang ada di kurikulum maupun dan kegiatan dan aktivitas belajar anak-anak di sekolah. Misalnya bagaimana mereka, anak-anak menghormati teman-temannya, menghormati guru yang mengajar mereka, menghargai karyawan bahkan hingga karyawan Office Boy yang mungkin dianggap kelas bawah, semuanya harus diperlakukan sama, anak-anak jangan sampai membeda-bedakan kelas sosial ini dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Inilah yang disebut sebagai kemampuan mengenal orang (People Mastery) yang harus diajarkan sejak awal, agar ke depan mereka mudah membawa diri dan pandai bergaul dengan siapapun, agama apapun dan dari daerah maupun negara manapun. Bagaimana cara mereka memperlakukan orang lain tergantung pada kemampuan, pengetahuan dan keahlian mereka mengenal orang lain dengan baik dengan fakta dan data yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Dengan adanya acara keluar dari wilayah dengan mengikuti lomba ini maka pembelajaran anak-anak didik di TPA AlWasa pastinya menjadi lebih advanced (lebih tinggi), karena mereka dihadapkan langsung pada lingkungan yang sama sekali berbeda dengan keseharian mereka di rumah. Guru-guru yang berbeda dengan yang mereka lihat sehari-hari, anak-anak TPA dari lain sekolah yang berbeda, berbeda dari seragamnya, gaya bicaranya, tampilan dan sebagainya. Kekayaan pengetahuan mereka memahami orang lain akan terus bertambah apabila secara rutin diasah yaitu dengan cara rutin mengikuti acara-acara sejenis di kemudian hari. Ini harus menjadi agenda yang terprogram, bukan sporadis hanya sekal-kali dan terjadwal dan terencana dengan baik.

Ala kulli hal, apa yang telah dilaksanakan oleh tim guru TPA ALWafa ini adalah sebuah keputusan yang sangat baik dan semoga ini menambah semangat anak-anak dalam belajar, rajin masuk sekolah dan selalu menantikan hari-hari belajar mereka. Dan kita doakan semakin dimudahkan mereka dalam menghafal Alquran, bagus dan sesuai makhraj bacaan mereka, banyak hafalan doa-doa sehari-har, terasah public speaking mereka dan pandai melukiskannya dengan kata-kata yang menyentuh qalbu para pendengarnya, aamiin.

SebelumnyaSantun Berkendaraan

Berita Lainnya

24 March 2019

Santri AlWafa Beraksi

12 January 2019

Santun Berkendaraan

12 January 2019

Artikel

0 Komentar